4.

Senin, 16 April 2018

silabus Al Qur an Hadits kelas 8 MTs


SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan    : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran          : Qur’an Hadis
Kelas                           : VIII (Delapan)
Semester                     : Ganjil

Kompetensi Inti :
K-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
K-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,  gotong royong), santun, percaya diri, dalam
         berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
K-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin  tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
        budaya terkait fenomena dan  kejadian tampak mata
K-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
Kompetensi Dasar
Indikator Esensi
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.1  Menyadari keutamaan
membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid
1.1.1 Menyakini
keutamaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah Ilmu Tajwid

Penyadaran akan pentingnya mempelajari dan menerapkanhokum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukundalam membaca Al-Qur’an.
·      Observasi
·      Catatan –Jurnal
·      Penilaian diri
·      Penilaian sejawat
6 TM (12x 40 menit)
·      Ilmu Tajwid
·      Buku pegangan siswa Kemenag
·      Buku Pedoman Guru, Kemenag
·      Gambar/ video/ multimedia yang terkait dengan hukum bacaan mad‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun interaktif
·      Akses Internet yang terkait dengan hukum bacaan mad‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun
·      Sumber lain yg menunjang
2.1 Terbiasa membaca alQur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1 Menunjukkan kebiasaan membaca al Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari

Pembimbingan pembiasaan Ketentuan hokum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukundalam membaca Al-Qur’an
3.1 Memahami ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
3.1.1 Menjelaskan pengertian hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin, dan mad ‘arid lissukun dalam al-Quran surah-surah pendek pilihan.
3.1.2 Menjelaskan
ciri-ciri hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin, dan mad ‘arid lissukun dalam al-Quran surah-surah pendek pilihan.
3.1.3 Mendeskripsi-kan cara membunyikan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin, dan mad ‘arid lissukun dalam al-Quran surah-surah pendek pilihan.
3.1.4 Mengidentifi-kasi hukum bacaan mad ‘iwad, mad layyin, dan mad ‘arid lissukun dalam al-Quran surah-surah pendek pilihan.
3.1.5 Menyimpulkan cara tnembaca baca-an 'Iwadh, mad Layyin, dan mad 'arid/i lissukun dalam al-Quran surah-surah pendek pilihan.
·   Pengertian mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun
·   Ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun
Mengamati
·      Mengamatitayangan ayat yang mengandung hokum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dan menirukan cara membacanya
Menanya
·      Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan pertanyaan/pernyataan yang terkait dengan hokum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun
·      Guru menginventarisasikan pertanyaan/pernyataan yang disampaikan peserta didik
Mengexplorasi
Secara berkelompok peserta didik:
·      Mencari informasi yang terkait dengan hokum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukundari berbagai sumber/literature
·      Mencari contoh-contoh hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukundalam Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan dengan baik dan benar

Tugas
·      Menuliskan 3 ayat yang mengandung hokum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun
Observasi
·      Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·      Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
·      Keaktifan dalam diskusi
·      Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Tes
·      Tes tulis
4.1 Menerapkan hukum
       bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
4.1.1 Mempraktikkan bacaan mad ‘iwad, mad layyin, dan mad ‘arid lissukun dalam al-Quran surah-surah pendek pilihan.

· Ketentuan hukum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun
Mengasosiasi
·      Mendiskusikan dalam kelompok hokum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun.dan penerapannya dalam Al-Qur’an
·      Merumuskan hasil pencarian informasi tentang pengertian hokum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dan penerapannya dalam Al-Qur’an
·      Menyusun kesimpulanhokum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun. dan penerapannya dalam Al-Qur’an
Mengkomunikasikan
·      Menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi tentang hokum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukundan penerapannya dalam Al-Qur’an
·      Memberikan tanggapan terhadap papararan tentang hokum bacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dan penerapannya dalam Al-Qur’an
·      Menunjukkan contoh hokumbacaan mad ‘iwad, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam Al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
· Praktik/performance tes · Portopolio · Produk
 · proyek


1.2  Meyakini bahwa setiap
rezeki telah ditentukan Allah
1.2.1 Menyakini bahwa rezeki telah ditentukan Allah

Penyadaran bahwa semua yang diterima adalah rizki dari Allah
· Observasi
· Catatan –Jurnal
· Penilaian diri
· Penilaian sejawat
6 TM (12x 40 menit)
· Mushaf Al-Qur’an da terjemahannya

· Buku pegangan siswa Kemenag
·      Buku Pedoman Guru, Kemenag
·       Gambar/ video/ multimed tentang berbagai macam cara orang mencari nafkah/rizki
·      Akses Internet yang sesuai

2.2 Terbiasa bersikap taat
sebagai implementasi
dari pemahaman
tentang kandungan
Q.S. al-Quraisy
(106)dan Q.S. al
Insyirwp (94) tentang
ketentuan rezeki dari
Allah
2.2.1   Menunjukkan sikap terbiasa taat
sebagai imple- mentasi dari pemahaman
tentang kan-dungan Q.S. al-Quraisy (106)dan Q.S. al
Insyirwp (94)

Pembiasaan beribadah sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia Allah
3.2. Memahami isi kandungan Q.S. al-Quraisy (106)dan Q.S. al-Insyirwp(94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.2.1 Menjelaskan
 pengertian rezeki
3.2.2 Menerjemahkan QS. al-Quraisy dan QS. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.2.3 Menjelaskan isi kandungan QS. al-Quraisy dan QS. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
3.2.4 Mengidentifikasi isi kandungan QS. al-Quraisy dan QS. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah.
3.2.5 Menyimpulkan isi kandungan QS. al-Quraisy dan QS. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah.
· Ayat-ayat Al-Qur’an Surah. al-Quraisy(106) dan Q.S. al-Insyirwp(94) tentang ketentuan rezeki dari Allah.
Mengamati
·    Mengamati gambar tentang berbagai macam cara orang mencari nafkah/rizki
· Menyimak bacaan secara
 tartil dariQ.S. al-Quraisy   (106dan Q.S. al-Insyirwp(94)
Menanya
·   Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan pertanyaan atau pernyataan tertang berbagai macam cara orang mencari nafkah/rizki yang sesuai dengan tayangan.
·   Guru menginventarisasikan pertanyaan/pernyataan yang disampaikan peserta didik
 Mengeksplorasi
Secara berkelompok peserta didik:
·  Menggali informasi tentang berbagai macam cara orang mencari nafkah/rizki
Mengasosiasi
· Menganalisis, mengoreksi, dan memperbaiki hasil penterjemahan Q.S. al-Quraisy dan Q.S. al-Insyirwp(94)
· Mendiskusikan isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106)dan Q.S. al-Insyirwp(94)
· Menyusun kesimpulan kandungan
·      Merumuskan isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106)dan Q.S. al-Insyirwp(94) tentang berbagai macam cara orang mencari nafkah/rizki
Mengkomunikasikan
· Memaparkan hasil diskusi tentang isi
·   Merumuskan isi kandungan Q.S. al- Quraisy (106)dan Q.S. al-Insyirwp(94) tentang berbagai macam cara orang mencari nafkah/rizki
· Menanggapi paparan tentang isi kandungan Q.S. al-Quraisy (106)dan Q.S. al-Insyirwp(94)
Tugas
· Membuat peta konsepisi kandungan Q.S. al-Quraisy (106)dan Q.S. al-Insyirwp (94), sesuai hasil diskusi Observasi · Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
· Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
· Keaktifan dalam diskusi
· Kejelasan dan
kerapian
presentasi/resum
e
Tes
· Tes tulis
4.2. Mensimulasikan isi kandungan Q.S. al-
Quraisy (106) dan
Q.S. al-Insyiroh
(94) tentang
ketentuan rezeki
dari Allah
4.2.1 Mempresentasi-kan contoh-contoh sikap orang yang mencerminkan isi kandungan QS. al-Quraisy dan QS. al-Insyirah (94) tentang ketentuan rezeki dari Allah
Isi kandungan
Q.S. al-Quraisy
(106) dan Q.S.
Insyiroh (94)
· Praktik/performance tes
· Portopolio
· Produk
· proyek


1.3 Menghayati
keutamaan tolongmenolong dan menyantuni anak yatim
1.3.1 Menyakini keutamaan tolongmenolong dan menyantuni anak yatim

Penyadaran pentingnya saling
menolong kepada sesama muslim dan menyantuni anak yatim
· Observasi
· Catatan -Jurnal
· Penilaian diri
· Penilaian sejawat
6 TM
(12x 40
menit)
· Mushaf
Al-
Qur’an
Dan terjemah
anya
· Shohih
Bukhory
· Buku
peganga
n siswa
Kemena
g

· Buku
Pedoma
n Guru,
Kemena
g
· Gambar/
video/
multime
dia
interakti
f
· Akses
Internet
yang
sesuai
kebutuh
an


· Sumber
lain yg menunjang
2.3 Terbiasa bersikap tolong menolong dan mencintai anak yatim sebagai implementasi
   dari pemahaman
   tentang kandungan
  Q.S. al-Kaufar (108)
  dan Q.S. al-Mw‘yn
  (107) dan hadis
  tentang perilaku
  tolong-menolong
  riwayat Al-Bukhari
  dari Abdullah Ibnu
  Umar
2.3.1 Menunjukkan sikap terbiasa tolong menolong dan mencintai anak yatim sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan
Q.S. al-Kaufar (108) dan Q.S. al-Mw‘yn (107) dan hadis tentang perilaku tolong menolong
riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu
Umar

Pembimbingan pembiasaan pentingnya
Memiliki sikap tolong menolong dan mencintai anak yatim sebagai implementasi dari pemahaman tentang
kandungan Q.S. al-Kaufar (108) dan Q.S. al-Mw‘yn (107) dan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al- Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar
3.3 Memahami isi kandu ngan Q.S. al- Kaufar (108) dan Q.S.al-Mw‘yn (107) tentang kepedulian sosial dan isi kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar
أخوالمسلم المسلم)
( ولايسلمه لايظلمه
dan hadis riwayat
Muslim dari Abu Hurairah
نفس من )
  عن مؤمن
 نفس كربة
 عنه كربة الله
dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad ) اليتيم أناوكافل... )
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah خيربيت )
 المسلمين في
فيه بيت
يتيم
dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
3.3.1 Menjelaskan pengertian peduli sosial
3.3.2 Mengartikan QS.al-Kautsar (108) dan QS. al-Ma’un (107)
3.3.3 Mengartikan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar

أخوالمسلم المسلم)
(.....ولايسلمه لايظلمه
 dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah نفس من )
  عن مؤمن
 نفس كربة
 عنه كربة الله
dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad..اليتيم أناوكافل dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah
خيربيت
 المسلمين في
فيه بيت
يتيم
3.3.4 Menunjukkan sikap yang mencerminkan isi kandungan QS. al-Kautsae (108) dan QS. al-Ma’un (107) tentang kepedulian sosial dan isi kandungan Hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar
     .أخوالمسلم المسلم )
ولايسلمه لايظلمه dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah عن نفس من )
نفس  كربة مؤمن
كربة عنه الله
dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad ..اليتيم أناوكافل ) dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah خيربيت
..يتيم فيه بيت المسلمين في
dalam fenomena kehidupan dan akibatnya.
Hadis-hadis tentang
tolong –
menolong
:riwayat Al-
Bukhari dari
Abdullah Ibnu Umar
المسلم )
أخوالمسلم
لايظلمه
ولايسلمه
dan hadis riwayat
Muslim dari Abu
Hurairah
نفس من )
  عن مؤمن
 نفس كربة
 عنه كربة الله
dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad  اليتيم أناوكافل.
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah
خيربيت
 المسلمين في
فيه بيت
يتيم
dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
Mengamati
· Mengamati gambar/ video kegiatan
penyantuni anak yatim dan orang
miskin .
· Mendengarkan bacaan hadis-hadis
tentang tolong menolong dan mencintai
anak yatim
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru,peserta
didik mengajukan pertanyaan atau
pernyataan yang terkait dengan
kepedulian social dan mencintai anak
yatim.
· Guru menginventarisasikan
pertanyaan/pernyataan yang disampaikan peserta didik Mengeksplorasi
Secara berkelompok peserta didik:
· Mencari arti dan Q.S. al Kausar (108) dan al-Ma’un (107) tentang kepedulian sosial dan isi kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar., hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad
· Mencari isi kandungan Q.S Al-Kausar (108) dan Al-Ma’un (107) tentang kepedulian sosial dan isi kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar., hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad
·  Mencari contoh-contoh sikap yang sesuai dengan isi Kandunjgan Q.S. al Kausar (108) dan Al-Ma’un (107) tentang kepedulian sosial dan kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar., hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Saad.
Mengasosiasi
 · Menulis hadis tentang kepedulian sosial dan kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar., hadis tentang mencintai anak yatim · Merumuskan isi kandungan Q.S. al Kausar (108) dan Q.S al-Ma’un (107)tentang kepedulian sosial dan kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar., hadis tentang mencintai anak yatim · Menterjemah hadis tentang kepedulian sosial dan kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar., hadis tentang mencintai anak yatim · Mendiskusikan isi kandungan Q.S. al Kausar (108) dan Q.S al-Ma’un (107tentang kepedulian sosial dan kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar., hadis tentang mencintai anak yatim · Mengidentifikasi perilaku sesuai dengan isi kandunganQ.S. al Kausar (108) dan Q.S al-Ma’un (107) tentang kepedulian sosial dan kandungan hadis
tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar., hadis tentang mencintai anak yatim.
· Menyusun kesimpulan kandungan Q.S. al-Kaufar (108) dan Q.S. al-Mw‘yn(107) tentang kepedulian sosial dan kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar., hadis
tentang mencintai anak yatim.
· Menghapal Q.S. al-Kaufar (108) dan Q.S. al-Mw‘yn (107) tentang kepedulian sosial dan kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong
riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar., hadis tentang mencintai anak
yatim.
Mengkomunikasikan
· Menyajikan paparan hasil diskusi dan analisis keterkaitan kandungan Q.S. al- Kaufar (108) dan Q.S. al-Mw‘yn (107)
tentang kepedulian sosial dan
kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar., hadis
tentang mencintai anak yatim.
· Menangggapi paparan Q.S. al-Kaufar (108) dan Q.S. al-Mw‘yn (107) tentang kepedulian sosial dan kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar., hadis tentang mencintai anak yatim. · Menyajikan contoh perilaku yang sesuai dengan Q. S Al-Kausar (108) dan al-Ma’un(107) tentang kepedulian sosial dan kandungan hadis tentang perilaku tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah Ibnu Umar., hadis tentang mencintai anak yatim.
Tugas
· Mengumpulkan gambar/ berita/
artikel yang
memuat prilaku
hidup yang sesuai
dengan hadis- hadis
pada materi.
Observasi
· Mengamati
pelaksanaan diskusi
dengan
menggunakan
lembar observasi yang memuat: § Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh § Keaktifan dalam diskusi § Kejelasan dan kerapian presentasi/resume Tes ·
Tes tulis
4.3. Mensimulasikan sikap tolong menolong sesuai isi kandungan Q.S. al Kau far (108) dan Q.S. al- Ma’un dan sesame muslimseauai isi kandungan hadis tentang tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar  المسلم) أخوالمسلم
لايظلمه
ولايسلمه  dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
عن نفس من )
نفس  كربة مؤمن
كربة عنه الله
dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Sa’ad )أناوكاف اليتيم
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah خيربيت
..يتيم فيه بيت المسلمين في


.
4.3.1 Mempresentasi-kan contoh sikap orang yang tolong menolong dan peduli terhadap anak yatim sesuai isi QS. al-Kautsar (108) dan QS. al-Ma’un (107) dan sikap tolong menolong sesama muslim sesuai isi kandungan Hadis tentang tolong menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar المسلم )
(.....ولايسلمه لايظلمه أخوالمسلم
Dan Hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah عن نفس من )
( ......كربة عنه الله نفس كربة مؤمن
Dan Hadis tentag mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Sa’ad
 ( ..اليتيم أناوكافل ) dan Hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah خيربيت
.يتيم فيه بيت المسلمين في

isi kandungan Q.S. al-Kausar (108) dan al-Ma’un (107) dan sesame muslimseauai isi kandungan hadis tentang tolong-menolong riwayat Al-Bukhari dari Abdullah bin Umar المسلم) أخوالمسلم لايظلمه
ولايسلمه
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
عن نفس من
نفس  كربة مؤمن
كربة عنه الله
dan hadis tentang mencintai anak yatim riwayat Al-Bukhari dari Sahl bin Sa’ad
أناوكاف اليتيم
dan hadis riwayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah خيربيت
. المسلمين في
.يتيم فيه بيت



Praktik/performance tes · Portopolio
· Produk
· proyek









Pekalongan, 5 April 2018
                        Mengetahui                                                                                                                                                      Guru Al-Qur’an Hadits
                        Kepala MTs                                        









SILABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : Madrasah Tsanawiyah
Mata Pelajaran          : Qur’an Hadis
Kelas                           : VIII (Delapan)
Semester                     : Genap

Kompetensi Inti :
K-1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
K-2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,  gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
          efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
K-3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin  tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
         fenomena dan  kejadian tampak mata
K-4 : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
Kompetensi Dasar
Indikator Esensi
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.1  Menyadari keutamaan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid
1.1.1 Menyakini keutamaan membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai kaidah ilmu tajwid

Penyadaran pentingnya membaca Al-qur’an sesuai kaidah-kaidah ilmu tajwid
 Observasi
 Catatan -Jurnal
 Penilaian diri
 Penilaian sejawat
6 TM
(12x 40 menit)
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahnya


· Ilmu Tajwid

· Buku pegangan siswa Kemenag

· Buku Pedoman Guru, Kemenag

· Gambar/ video/ multimedia interaktif

· Akses Internet yang sesuai kebutuhan

· Sumber lain yg menunjang
2.1 Terbiasa membaca Al- Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari
2.1.1 Menunjukkan kebiasaan membaca Al- Qur’an dengan baik dan benar dalam kehidupan sehari-hari

Pembimbingan pembiasaan membaca Al-Qur’an sesuai ketentuan hokum bacaan lam dan radalam membaca Al-Qur’an
3.1 Memahami ketentuan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
3.1.1 Menyebutkan pengertian hukum bacaan lam dan ra
3.1.2 Mendeskripsikan cara melafalkan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
3.1.3 Mengidentifikasi hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
3.1.4 Menyimpulkan cara membaca bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
Hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
Mengamati
· Mengamati penggalan ayat yang mengandung hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
· Menyimak dan melafadzkan bacaan ayat yang mengandung hokum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an dengan baik dan benar
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang terkait dengan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an, sesuai tayangan.
· Guru menginventarisasikan pertanyaan/pernyataan yang disampaikan peserta didik
Mengeksplorasi
Secara kelompok peserta didik:
· Menggali informasi tentang pengertian hukum bacaan lam dan ra, ketentuan hukum bacaan lam dan radari berbagai sumber; buku
literatur, jurnal, ensiklopedi, media elektronik maupun cetak
· Mencari contoh-contoh hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
Mengasosiasi
· Merumuskan hasil pencarian informasi tentang hukum bacaan lam dan ra
· Mengidentifikasi hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an.
· Mendiskusikan hokum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
· Menyusun kesimpulan hasil diskusibersama kelompok.
Mengkomunikasi
· Mempresentasikan tentang hokum bancaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
· Menunjukkan contoh hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al- Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
Tugas
· Mengumpulkan peta konsep tentang Hukum bacaan lam dan ralengkap dengan contohnya dari Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Tes
· Tes tulis
4.1 Mendemonstrasi-kan hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
4.1.1 Melafadzkan bunyi hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
Hukum bacaan lam dan ra dalam Q.S. al-Humazah (104),Q.S. at-Takwfur(102), dan surah-surah lain dalam Al-Qur’an
· Praktik/performance tes
· Portopolio
· Produk
· proyek


1.2 Menyadari akibat /bahaya sikap buruk sebagaimana isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
1.2.1 Meyakini pentingnya menghindari peri laku buruk sebagaimana kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)

Penyadaran pentingnya menghindari menghindari peri laku buruk sebagaimana  isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
· Observasi
· Catatan -Jurnal
· Penilaian diri
· Penilaian sejawat
6 TM
(12x 40 menit)
· Mushaf Al-Qur’an dan terjemahnya

· Buku pegangan siswa Kemenag

· Buku Pedoman Guru, Kemenag

· Gambar/ video/ multimedia tentang sikap tamak harta

· Akses
Internet yang sesuai tema

· Sumber lain yg menunjang
2.2 Terbiasa menghindari perilaku buruk sebagai implemen-tasi dari pemahaman tentang kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102) dalam fenomena kehidupan sehari-hari dan akibatnya
2.2.1 Menunjukkan sikap terbiasa menghindari peri laku buruk sebagai implementasi dari isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)

Pembimbingan kesadaran menghindari peri laku buruk sebagaimana isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
3.2 Memahami isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki
3.2.1 Menerjemahkan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
3.2.2 Menjelaskan kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
3.2.3 Menyimpulkan isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
Tafsir dari Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
Mengamati
· Mengamati gambar, foto, tayangan video atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari tentang sikap cinta dunia (tamak harta) dan melupakan kebahagiaan hakiki di akhirat
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru, peserta didik mengajukan pertanyaan atau pernyataan yang terkait sikap cinta dunia (tamak harta) dan melupakan Akhirat sesuai tayangan
· Guru menginventarisasikan pertanyaan/pernyataan yang disampaikan peserta didik
Mengexplorasi
Secara berkelompok, peserta didik:
· Menggali informasi dari berbagai sumber tentang isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
Asosiasi
· Merumuskan isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
· Mendiskusikan hasil perumusan isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
· Menyimpulkan isi kandunagan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)
Komunikasi
· Mempresentasikan hasil pencarian informasi dan diskusi kelompok tentang isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at- Takwfur (102)
· Menanggapi penyampaian isi kandungan
· Mensimulasikan perilaku menghindari sikap cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki

Tugas
Membuat naskah (sekenario) drama tentang sikapcinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
4.2 Mensimulasikan sikap yang sesuai dengan isi kandungan Q.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)tentang sifat cinta dunia dan melupakan kebahagian hakiki
4.2.1  Mendemonstrasikan sikap yang sesuai dengan isi kandunganQ.S. al-Humazah (104) dan Q.S. at-Takwfur (102)

· Praktik/performance tes
· Portopolio
· Produk
· proyek


1.3 Menyadari pentingnya menerapkan pola hidup seimbang antara dunia dengan akhirat
1.3.1 Kesadaran pentingnya menerapkan pola hidup seimbang antara dunia dengan akhirat

Penyadaran pentinya menyeimbangkan antara kepentingan dunia dengan kepentingan akhirat
· Observasi
· Catatan -Jurnal
· Penilaian diri
· Penilaian sejawat
6 TM
(12x 40 menit)
Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa
Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai kebutuhan
· Sumber yang lain yang mendukung
2.3 Memiliki perilaku seimbang antara dunia dengan akhirat sebagai implementasi dari pemahaman tentang kandungan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup
2.3.1 Menunjukkan kebiasaan berperilaku seimbangkan antara kepentingan dunia dengan kepentingan akhirat

Pembimbingan pembiasaan berperilaku seimbangkan antara kepentingan dunia dengan kepentingan akhirat


3.3. Memahami isi kandungan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat riwayat Ibnu Asakir dari Anas ليس بخيركممنتركدنياهلآخرته
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah المؤمنالقويخيروأحبإلىاللهمنالمؤمنال
ضعيف
dan hadis riwayat Al- Bukhari dari Zubair bin Awwam
لأنيأخذأحدكمأحبلافيأخذخزمةمنحطب
..
3.3.1.Menerjemahkanarti dari hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhiratsesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam.
3.3.2. Menyebutkan isi kan-dungan dari hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin AwaamAwwam.dari Zubair bin Awwam.
3.3.3. Menyimpulkan isi dari hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam.
Hadis- hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat riwayat Ibnu Asakir dari Anas )ليسبخيركممنتركدنياه
لآخرته
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah المؤمنالقويخيروأحبإلىا
للهمنالمؤمنالضعيف
dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam لأنيأخذأحدكمأحبلافيأخذ
خزمةمنحطب
Mengamati
· Mengamati gambar atau tayangan atau kisah tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam.
· Mencermati terjemahan (mufradat) hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam.
Menanya
· Dengan dimotivasi oleh guru, mengajukan pertanyaan atau pernyataan tentang hal-hal yang terkait dengan perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam.
· Guru menginventarisasikan pertanyaan/pernyataan yang disampaikan peserta didik
Mengeksplorasi
· Menggali informasi dari berbagai sumber tetang tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam.
· Menerjemahkan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam.
Mengasosiasi
· Menganalisis isi kandungan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam..
· Mendiskusikan isi kandungan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam...
· Menyusun kesimpulan isi kandungan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam..
· Mengidentifikasi perilaku yang mencerminkan keseimbangan hidup dunia dan akhirat.
Mengkomunikasikan
· Memaparkan isi kandungan hadistentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam..
· Menanggapi paparan kandungan tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam.

Tugas
· M enulis hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat
Observasi
· Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
§ Kejelasan dan kedalaman informasi yg diperoleh
§ Keaktifan dalam diskusi
§ Kejelasan dan kerapian presentasi/resume
Tes
· Tes tulis, uraian
6 TM
(12x 40 menit)
Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
· Buku pegangan siswa Kemenag
· Buku Pedoman Guru, Kemenag
· Gambar/ video/ multimedia interaktif
· Akses Internet yang sesuai kebutuhan
· Sumber lain yg menunjang
4.3. Menyajikan data tentang sikap hidup yang seimbang antara kahidupan dunia dan kehidupan akhirat sesuai hadis tentang keseimbangan hidup di dunia dan akhirat riwayat Ibnu Asakir dari Anas ليسبخيركممنتركدنياهلآخرته . )..
dan hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah
المؤمنالقويخيروأحبإلىاللهمنالمؤمنال
ضعيف
dan hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam
لأنيأخذأحدكمأحبلافيأخذخزمةمنحطب
..
4.3.1 Mensimulasikan sikap keseimbangan hidup dunia dan akhiratsesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin
Awwam
4.3.2 Menghapalkan hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam.
4.3.3 Menulis hadis tentang perilaku keseimbangan hidup di dunia dan akhirat sesuai hadis riwayat Ibnu Asakir dari Anas, hadis riwayat Muslim dari Abu Hurairah, hadis riwayat Al-Bukhari dari Zubair bin Awwam.

Praktik/performance tes
· Portopolio
· Produk
· proyek


Pekalongan, 5 April 2018
                        Mengetahui                                                                                                                                                      Guru Al-Qur’an Hadits
                        Kepala MTs                                        



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Person

Whatapps : 081542574782

MapleStory Finger Point